web analytics
Breaking News
Home / Teknologi / Bisnis Smartphone Yang Membangkitkan Blackberry
priv

Bisnis Smartphone Yang Membangkitkan Blackberry

Pada April 2016 dilaporkan, BlackBerry akan memutuskan nasib smartphone pada September 2016. Bisnis smartphone BlackBerry dilaporkan mengalami kemunduran.

Dari segi spesifikasi, Blackberry tidak memiliki penawaran yang menarik atau terbilang standar. Namun bagi anda yang rindu dengan nuansa keyboard fisik qwerty zaman dahulu, ponsel ini bisa jadi obat penawarnya.

“Tidak ada pertumbuhan yang banyak terjadi pada segmen smartphone premium, di mana Apple dan Samsung mendominasi pasaran tersebut,” ungkapnya yang dilansir Digital Trends.

John Chen selaku dari Bos Blackberry mengakui bahwa perangkatnya seharusnya bukan produk unggulan dan menyadari hal tersebut. “Faktanya kami hadir dengan perangkat ponsel high-end dan mungkin seharusnya tidak seperti itu,” tutur Chen Bos Blackberry tersebut.

Perakitan dan pendistribusian unit ponsel Blackberry telah diserahkan pada sebuah perusahaan patungan atau (join venture) yang bernama PT BB Merah Putih.

Sekadar informasi, BlackBerry memang menjadi pionir soal software securitas dan produktivitas. Sayangnya, mereka tidak terlalu populer lagi di industri ponsel, bahkan setelah berpindah ke Android.

Dengan demikian, menarik untuk dicermati apakah langkah yang diambil Blackberry saat ini yang akan memberikan angin segar terhadap perusahaan atau sebaliknya. Sebagaimana diketahui, perusahaan induk Blackberry tidak akan memproduksi ponsel lagi.

SecuTablet adalah produk hasil kerjasam antara samsung dan  Blackberry yang memuat kartu keamanan, enkripsi, dan sertifikasi perangkat lunak milik Departemen Keamanan Blackberry. Dengan begitu, data dan informasi yang ditransfer atau disimpan dalam tablet akan terkunci.

Hal ini bukanlah yang pertama kalinya bagi kedua perusahaan dalam mengembangkan tablet dengan keamanan tertinggi. Tahun lalu, bersamaan dengan IBM, duet Blackberry dan Samsung juga memperkenalkan Galaxy Tab S 10,5 dengan kemampuan tahan peluru.

Samsung akan mengintegrasikan sistem enkripsi BlackBerry BES12 ke dalam software Knox miliknya. Software Knox yang dimiliki Samsung sekarang ini sebenarnya sudah cukup bagus tetapi masih dipermasalahkan karena lemahnya sistem enkripsi milik Knox. Kerjasama ini juga dinilai akan saling menguntungkan kedua belah pihak dimana Samsung akan mendapatkan sistem keamanan yang lebih baik dari BlackBerry dan BlackBerry dapat menjangkau pengguna Android yang jumlah penggunanya sekarang ini sangat banyak melalui software miliknya.

Dikutip dari Market Wired, BlackBerry berencana untuk menghentikan semua pengembangan smartphone-nya dan mulai melakukan outsource untuk melakukan hal itu. Bersamaan dengan pengumuman niat BlackBerry untuk mundur dari bisnis pembuatan smartphone, BlackBerry mengumumkan satu rekanan dalam memproduksi perangkat smartphone dengan lisensi namanya, yakni BB Merah Putih. BB Merah Putih adalah perusahaan patungan yang didirikan di Indonesia bersama Tiphone.

Keputusan BlackBerry untuk menghentikan dalam membuat smartphone ini didasari oleh gagalnya usaha mereka yang menarik minat pengguna lewat smartphone BlackBerry Android. Ke depannya BlackBerry akan fokus pada bisnis pengembangan software security enterprise-nya. Jadi, kamu tidak akan lagi menemukan smartphone yang dibuat oleh BlackBerry. Jika pun ada smartphone yang menggunakan nama Blackberry, itu hanyalah rekanan yang menggunakan lisensi BlackBerry.

Menariknya adalah, Apple memang mengambil alih lebih banyak pasar yang ditinggalkan BlackBery, di mana perusahaan tersebut pernah mendominasi. Dengan kata lain, Apple menganggap ini adalah sebuah peluang besar untuk mereka. Banyak yang menyebut keputusan ini adalah sebuah akhir dari BlackBerry. Meski begitu, BlackBerry tidak akan ‘mati’ sepenuhnya. Mereka akan berfokus pada pengembangan software, termasuk sekuriti dan aplikasi.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, BlackBerry merilis sebuah perangkat yang cukup fenomenal dan menjadi sebuah pertarungan apakah BlackBerry tetap bisa bertahan atau malah semakin terpuruk dengan hadirnya BlackBerry Priv. BlackBerry Priv merupakan perangkat BlackBerry dengan sistem operasi Android di dalamnya.

blackberry-priv3

Setelah cukup lama, berita tanpa adanya kejelasan kapan BlackBerry Priv dirilis, kali ini berita muncul secara mendadak dimana BlackBerry Priv hadir di Belanda. Sebelumnya berita terakhir mengenai BlackBerry Priv sudah dapat dipesan melalui Pre-Order hanya untuk kawasan Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Menariknya, Negara Belanda telah hadir 2 website yaitu Student Mobile dan GSMwijzer yang membuat banyak orang berspekulasi kalau BlackBerry Priv akan hadir pada beberapa negara Eropa lainnya dalam waktu dekat.

BlackBerry Priv mungkin menjadi salah satu perangkat BlackBerry yang cukup menarik perhatian karena untuk pertama kalinya BlackBerry Menggunakan OS Android sebagai sistem operasinya. Desain yang unik juga diperlihatkan oleh BlackBerry Priv dengan membawa sebuah keyboard fisik QWERTY dalam bentuk slider. Dengan menggunakan kamera 18MP di belakang dengan aperture f/2.2 membuat hasil foto lebih cerah karena banyak cahaya yang bisa diterima oleh sensor kamera BlackBerry Priv.

Berikut hasil dari kamera Blackberry Priv

th-3

 

th-2

Untuk mengembangkan produktifitas dalam persaingan, Blackberry memberikan beberapa Fitur yang belum pernah ada pada beberapa perusahaan tablet lain, Fitur tersebut sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan dan kemajuan pesat dibandingkan pendahulunya. Penambahan fitur blackberry pada Priv, yaitu :

1. Keyboard Fisik

keyboard-fisik-blackberry-priv

Keyboard fisik pada BlackBerry Priv menggunakan sistem slide-out sehingga seperti jaman-jaman smartphone dulu ketika keyboardnya berada di belakang layar dan harus digeser keluar terlebih dahulu untuk menggunakannya. BlackBerry Priv menggunakan keyboard fisik yang dikombinasikan dengan layar touch screen.

2. Layar QHD Melengkung

priv-unboxing6

Layar lengkung saat ini cukup menjadi daya tarik bagi para pengguna smartphone yang dikarenakan bentuknya yang cukup unik dibanding dengan kebanyakan layar smartphone lainnya. Fitur layar lengkung ini sudah digunakan dibeberapa smartphone seperti Samsung Galaxy S6 Edge dan LG G Flex.

BlackBerry Priv menggunakan layar dengan resolusi QHD yang berukuran 5.4 inci dengan bentuk yang memiliki lengkungan pada kedua sisinya dan berfungsi sebagai quick access atau informasi.

3. Software

blackberry-software-update

Software adalah hal baru yang diberikan oleh BlackBerry yaitu sistem operasi Android pada perangkat BlackBerry Priv. Walaupun menggunakan OS Android, BlackBerry tetap klaim kalau BlackBerry Priv akan menjadi perangkat yang aman dengan tingkat keamanan yang tinggi.

4. Kapasitas Baterai Besar

baterai-bar-di-blackberry-priv

BlackBerry Priv akan menggunakan baterai dengan kapasitas yang cukup besar yaitu 3410mAh. BlackBerry melakukan langkah yang cukup menarik dengan memiliki baterai yang berkapasitas besar pada perangkat yang lebih tipis dari pada Samsung Galaxy Note5.

5. Slot Memory

san-disk-200-mb-phonedog-com_

Dengan harga yang cukup mahal, BlackBerry terlihat sangat ingin memuaskan penggunanya melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh BlackBerry Priv. Ketika smartphone lain malah tidak menyediakan slot memori eksternal, BlackBerry Priv hadir dengan memberikan slot memori eksternal yang cukup besar, hingga 200GB.

Menggunakan chipset Snapdragon 808, RAM 3GB, layar QHD, hingga baterai berukuran besar membuat BlackBerry Priv dipercaya dapat mengembalikan kejayaan BlackBerry.

 

Berikut gambar spesifikasi lengkap BlackBerry Priv:

gambar-blackberry-priv-1

blackberry_priv

 

Kemampuan Unik Blackberry Priv

Tidak ada drop test, BlackBerry Priv diuji ketangguhannya dengan cara digores, dibakar dan dibengkokkan. Hasilnya? Lapisan Gorilla Glass 4 pada layar BlackBerry Priv cukup tangguh untuk melindungi dari goresan benda tajam. Bahkan layar BlackBerry Priv juga tidak mempan dibakar dalam beberapa saat. Menariknya, bekas kobaran api pada layar hilang hanya dengan beberapa kali usap.

 

Menyadari hal tersebut, Blackberry memproduksikan ponsel untuk mendapatkan jumlah pengguna dan tidak menghentikan pengembangan demi kelancaran dan persaingan pada bidang Telekomunikasi. Mungkin dengan cara ini, pecinta Tablet akan merasa puas dengan hasil pengembangan produck baru dari Blackberry.

 

 

 

Check Also

otak

Tips Untuk Meningkatkan Kekuatan Otak

Jika Anda sering menemukan Anda sedang duduk sepanjang hari dan merasa bosan, saatnya untuk mengubah …