web analytics
Home / Info / Yang Suka Kentut, Ini Lho Fakta Menarik Tentang Kentut
5

Yang Suka Kentut, Ini Lho Fakta Menarik Tentang Kentut

Bicara mengenai kentut biasanya agak memalukan. Padahal studi menunjukkan kentut merupakan satu siklus dalam tubuh yang harus dikeluarkan. Hebatnya, dengan kentut Anda bisa mencegah risiko penyakit kembung hingga kanker loh. Kentut seringkali dianggap sebagai suatu tindakan yang tidak sopan jika dilakukan di depan publik oleh kebanyakan kalangan budaya, termasuk oleh kebudayaan di Indonesia.

Sementara kadang ada dari kamu yang juga bertanya-tanya. Sebenarnya kentut itu apa sih? Apa kentut itu asalnya dari angin yang masuk ke tubuhmu, seperti orang sering bilang? Kenapa juga kentut itu ada yang berbau dan ada yang tidak? Ada yang bersuara nyaring, tapi ada pula yang tak berbunyi sama sekali? Sudah daripada bingung sendiri, lebih baik kamu simak ulusan berikut ini!

1. Apa Itu Kentut?

1

Kentut disebabkan oleh air yang terperangkap, yang berasal dari berbagai sumber. Beberapa dari air itu adalah air yang berasal dari apa yang sudah kita telan, saat makan ataupun minum. Beberapa air yang disebabkan oleh gas merembes ke dalam usus kita melalui darah, dan beberapa gas yang dihasilkan akan bercampur oleh reaksi kimia dalam usus atau bakteri yang hidup dalam usus kita. Sebuah kentut terdiri dari nitrogen sekitar 59 persen, 21 persen hidrogen, 9 persen karbon dioksida, 7 persen metana dan 4 persen oksigen. Hanya sekitar satu persen dari gas kentut mengandung hidrogen sulfida dan merkaptan.

2. Sehari Manusia Bisa Kentut Sebanyak 15 Kali

2

Setiap harinya kamu bisa saja kentut hingga 14-15 kali, dengan jumlah keseluruhan gasnya mencapai 1/2 liter. Sementara untuk komposisi kentut itu sendiri biasanya terdiri dari nitrogen, hidrogen, karbon dioksida, methan dan oksigen. Lalu fakta lainnya, bahwa 99 % dari gas-gas tadi sebenarnya pun tak ada yang berbau. Jadi apa dong yang membuatnya berbau busuk?

Di dalam perut kita ini terjadi banyak proses pencernaan, termasuk pun salah satunya proses fermentasi oleh bakteri pencernaan itu sendiri. Dimana dari proses-proses itulah yang biasanya terbentuk kandungan gas lain, seperti hidrogen sulfida, amoniak atau methanethiol. Kandungan gas itulah yang menimbulkan bau yang tak sedap. Keberadaan gas-gas itu juga bisa jadi penanda bagaimana kondisi kesehatan perutmu.

3. Waktu Yang Diperlukan Kentut Untuk Melakukan Perjalanan Ke Hidung Orang Lain

3

Kentut akan hinggap ke hidung orang tergantung kondisi udara seperti kelembaban, suhu, kecepatan dan arah angin, berat molekul gas kentut serta jarak antara transmitter dengan receiver. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar dan konsenstrasinya berkurang.

Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara selama-lamanya. Kecuali kalau anda kentut di tempat sempit seperti lift atau mobil, konsentrasinya lebih banyak sehingga baunya akan tinggal dalam kurun waktu lama sampai terserap oleh dinding.

4. Mayat Juga Bisa Kentut

6

 

Kalau tadi disebutkan, bau kentut itu sebenarnya penanda jika pencernaanmu bekerja cukup baik. Tapi bagaimana kalau yang kentut orang yang sudah mati? Jangan cuma melihat sisi seramnya saja. Kamu pun harus tahu penjelasan ilmiahnya, bahwa ini terjadi karena adanya kontraksi dan perluasan otot pada anus yang di awal kematian gak selalu menutup dengan sendirinya. Jadi kentut pada orang yang sudah meninggal biasanya ya cuma terjadi satu atau dua jam awal saja kok.

5. Mencium Bau Kentut Baik Untuk Kesehatan

55

Ya, mencium bau kentut Anda sendiri atau orang lain dapat membawa manfaat kesehatan yang tidak main-main untuk tubuh loh. Menurut hasil temuan studi Medicinal Chemistry Communications, menyimpulkan bahwa gas hidrogen sulfida yang ditemukan dalam telur busuk atau gas kentut manusia bisa menjadi faktor kunci dalam pengobatan penyakit berkat fungsi protektifnya terhadap mitokondria.

Gas hidrogen sulfida dalam dosis besar membahayakan tubuh, tapi penelitian ini menunjukkan bahwa paparan dalam tingkat selular dalam jumlah yang lebih kecil dari senyawa tersebut dapat mencegah kerusakan mitokondria.

Alasannya, ketika penyakit memaksa sel-sel tubuh untuk bekerja keras, sel akan menarik enzim untuk menghasilkan sejumlah kecil hidrogen sulfida guna melindungi mitokondria. Mitokondria pada dasarnya bertindak sebagai generator untuk pelepasan energi sel, dan tindakan melindungi mitokondria adalah pusat dari pencegahan beberapa penyakit tertentu, mulai dari kanker, stroke, arthritis, serangan jantung, hingga demensia.

Dengan catatan, penelitian ini masih terbilang kecil dan terlalu dini serta belum diuji pada manusia dan masih merupakan uji terkontrol di laboratorium terhadap contoh sel. Mungkin untuk sementara waktu, Anda cukup berterima kasih jika ada seseorang yang buang angin di dekat Anda.

Nah guys! Meski banyak kentut itu bau, tetapi ada yang tidak berbau juga loh. Biasanya ini terjadi saat ada udara yang masuk dalam sistem pencernaan. Selain fakta unik tentang buang angin di atas, ternyata kentut juga dipengaruhi oleh otot yang ada di sekitar anus. Yang kemudian bisa menyebabkan bunyi atau tidaknya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca ya guys.

Check Also

mia

Inilah 6 Fakta-fakta Mia Khalifa Sang Bintang Porno Penuh Kontroversi

Mia Khalifa adalah artis pendatang baru dalam film biru. Hanya saja namanya meroket dengan sangat …