web analytics
Breaking News
Home / Info / Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Infeksi Sifilis
sifilis-1-728

Gejala, Penyebab Dan Pengobatan Infeksi Sifilis

Sifilis ditularkan melalui kontak seksual. Ini adalah infeksi bakteri yang biasanya dimulai seperti sakit yang tidak menyakitkan. Sakit ini dapat mengembangkan dalam mulut, dubur atau alat kelamin.

Seseorang mendapat sifilis, bakteri dapat tinggal dalam tubuh Anda selama puluhan tahun tanpa menunjukkan tanda-tanda aktivitas. Pada tahap awal, itu dapat disembuhkan dengan antibiotik. Namun, jika Anda tidak mencari pengobatan, dapat serius merusak otak Anda, jantung dan organ vital. Pada tahap ini, penyakit menular seksual ini menjadi ganas.

Luka sifilis dapat membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk kontrak HIV, yang merupakan virus AIDS.

Gejala Penyakit Sifilis

Ketika datang ke sifilis, ada berbagai tahap. Oleh karena itu, ada gejala yang berbeda untuk setiap tahap. Penting untuk dicatat, tahap dapat tumpang tindih. Juga, Anda mungkin tidak memiliki gejala yang terlihat bahkan jika Anda memiliki infeksi.

Beberapa gejala penyakit menular ini

  • Sifilis Primer

Ini adalah ketika terjadi tanda pertama penyakit. Anda akan mendapatkan sakit kecil, yang dikenal sebagai luka  setelah terkena infeksi. Sakit muncul di tempat yang sama dimana bakteri membuat jalan ke dalam tubuh Anda. Orang yang terkena sakit itu menyakitkan dan dapat mengembangkan dalam dubur atau vagina.

  • Sifilis Sekunder

Dalam beberapa minggu, orang mendapatkan ruam yang biasanya dimulai pada batang dan menyebar ke seluruh tubuh, termasuk telapak kaki dan telapak tangan. Namun, ruam tidak gatal. Mungkin datang dengan luka seperti kutil di daerah genital atau mulut. Ini adalah tahap di mana beberapa orang mungkin mendapatkan demam, bengkak kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, dan nyeri otot. Kadang-kadang gejala-gejala hilang setelah beberapa minggu atau mereka dapat datang dan pergi selama satu tahun.

  • Sifilis Laten

dalam kasus orang terinfeksi tidak mencari pengobatan, penyakit maju ke tahap ini, tidak ada gejala. Tahap ini dapat berlangsung selama beberapa tahun. Pada beberapa gejala tidak kambuh, tetapi  berkembang ke tahap berikutnya.

  • Tertiary Sifilis

Ini adalah tahap akhir sifilis sekitar 15 sampai 30% dari orang yang terinfeksi, yang tidak diperlakukan untuk penyakit, maju ke tahap ini. Selama tahap tersier, saraf, pembuluh darah otak, sendi, tulang, hati, dan mata mendapatkan rusak.

Wanita hamil, yang memiliki sifilis, dapat menyebarkan penyakit ini kepada anak-anak melalui plasenta atau pada saat melahirkan. Bayi tidak akan memiliki gejala, meskipun beberapa bayi mendapatkan ruam pada telapak kaki dan telapak tangan. Kemudian bayi menderita pelana hidung, gigi deformitas dan tuli.

Penyebab Penyakit Sifilis

Sifilis disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai Treponema pallidum. Bakteri ini biasanya menemukan jalan ke dalam tubuh ketika orang yang terinfeksi dengan luka memiliki hubungan seksual dengan orang yang tidak terinfeksi. Sifilis tersebar selama tahap primer dan sekunder, tapi itu juga dapat ditularkan selama bagian awal tahap laten.

Pada kesempatan langka, penyakit dapat ditularkan selama hubungan yang dekat, seperti berciuman dengan orang yang terinfeksi.

Pengobatan Sifilis

Sifilis dapat dengan mudah disembuhkan dalam tahap awal penggunaan penisilin. Ini adalah antibiotik, yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit. Jika Anda alergi terhadap penisilin, dokter akan menggunakan antibiotik lain.

Biasanya, satu injeksi penisilin lebih dari cukup untuk menghentikan perkembangan penyakit ini, asalkan Anda telah terinfeksi untuk di bawah 1 tahun. Jika Anda terinfeksi  lebih dari 1 tahun, Anda akan perlu lebih dosis antibiotik.

Bila Anda menerima dosis antibiotik, Anda akan mengalami mual, nyeri, menggigil, demam dan sakit kepala. Ini adalah reaksi terhadap pengobatan dan dikenal sebagai reaksi Jarisch-Herxheimer. Ini biasanya hilang dalam satu hari.

 

Check Also

perang

History Perang Vietnam, Kekalahan Terbesar Amerika

Perang Vietnam atau sering disebut Perang Indochina Kedua adalah konflik panjang yang terjadi di tahun 1957 sampai …