web analytics
Home / Info / Faktor Penyebab Dan Cara Mencegah Katarak Dengan Antioksidan
Cara-Mengobati-Katarak

Faktor Penyebab Dan Cara Mencegah Katarak Dengan Antioksidan

Pagi hari ini, saya ingin berbagi informasi tentang  faktor penyebab dan cara mencegah katarak. Seperti yang kita ketahui, katarak adalah suatu kondisi kelainan pada mata yang menyebabkan adanya bagian yang sangat keruh pada lensa mata. Apabila dibiarkan tanpa diatasi dengan cepat maka seiring dengan berjalannya waktu maka bagian yang keruh tersebut nantinya akan terus melebar dan berkembang ke bagian pupil serta iris mata sehingga akan menyebabkan Anda menjadi buta.

Katarak adalah salah satu penyakit mata yang menjadi momok paling menakutkan bagi mereka yang telah lanjut usia, biasanya orang-orang yang telah memasuki usia 40 tahun keatas akan sangat rentan terserang penyakit mata yang satu ini. Nah, maka dari itu jangan sepelekan dan abaikan kesehatan mata tetapi mulailah jaga kesehatan mata saat di usia muda agar ketika tua nanti mata kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit katarak.

Nah, ngomong-ngomong masalah katarak, selain faktor usia ternyata ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan mengapa seseorang mengalami katarak pada matanya. Apa saja faktor tersebut dan bagaimana cara mencegahnya ?

Faktor lain yang menyebabkan katarak

  • Terlalu sering kontak dengan cahaya ultra violet
  • Radiasi
  • Komplikasi dari suatu penyakit seperti diabetes mellitus, hipertensi.
  • Lansia Cedera mata
  • Obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid
  • Kadar kalsium darah yang rendah
  • Merokok
  • Obesitas

Karena sumber daya yang terbatas, warga negara-negara berkembang sering tidak mampu operasi katarak dan harus menderita melalui lensa progresif keburaman yang membuatnya tidak hanya sulit untuk melihat di bawah kondisi biasa tetapi juga sangat keras untuk melihat pada malam hari atau ketika silau. Dengan kata lain, itu benar-benar sangat berbahaya bagi penderita katarak saat mengemudi di  malam hari.

Karena keterbatasan operasi katarak di banyak negara di seluruh dunia, ahli di bidang katarak telah lama mencari sebuah cara untuk mencegah katarak. Diperkirakan bahwa penemuan tindakan pencegahan yang mengurangi penundaan awal katarak oleh 10 tahun dapat menyebabkan 50 persen dalam beban visual dan bedah. Saat ini, banyak peneliti percaya bahwa mengonsumsi antioksidan dalam beberapa cara dapat mencegah katarak.

Sebuah hipotesis yang umumnya diterima dengan baik mengenai pengembangan katarak berkaitan dengan usia, stres oksidatif dan ketidakseimbangan osmotik sebagai penyebabnya. Lebih khusus lagi, jika kelebihan radikal bebas akan  merusakan lensa protein dan lipid di epitel sehingga membuat lensa dan mengarah ke progresif opacity.
Antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E akan menstabilkan radikal bebas ini, dan dengan demikian membatalkan kerusakan penyebab radikal bebas. Ada beberapa antioksidan seperti suchaslutein, zeaxanthin, vitamin E dan vitamin C.

Gejala dan Tanda-Tanda Katarak

  • Penglihatan buram terutama pada malam hari
  • Menurunnya ketajaman penglihata
  • Hilangnya sensitivitas kontras
  • Penglihatan ganda pada salah satu mata
  • Terasa menyilaukan saat melihat cahaya
  • Mata terasa gatal
  • Sering mengeluarkan air mata
  • Kadang mengalami nyeri pada mata
  • Adanya pembengkakan lensa

Hasil dari studi Swedia yang diterbitkan dalam JAMA Opthalmology tahun 2014 menunjukkan bahwa prevalensi katarak berkurang antara orang-orang yang secara teratur mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti sayuran berdaun, bijian, dan kopi. Dalam studi ini besar wanita setengah baya dan lanjut usia, yang membingungkan variabel,seperti Rokok, indeks massa tubuh, aktivitas fisik, dan tingkat pendidikan yang disesuaikan, dan hasilnya masih signifikan secara statistik.

Karena peningkatan tingkat antioksidan dalam diet seseorang dikaitkan dengan prevalensi rendah, dalam pembentukan katarak, sangat menggoda untuk berpikir bahwa suplemen antioksidan juga dapat mengurangi risiko katarak, terlalu. Namun, penelitian apakah antioksidan suplemen bekerja untuk mencegah katarak telah menghasilkan hasil yang tidak konsisten.

Studi lain menunjukkan bahwa peserta penelitian tersebut sudah makan makanan yang kaya antioksidan, dosis tinggi. Antioksidan suplementasi benar-benar dapat meningkatkan risiko pembentukan katarak. Temuan ini berlawanan dikaitkan dengan hipotesis bahwa dalam jumlah kelebihan, antioksidan dapat benar-benar mengubah ke pro-oksidan dan menyebabkan stres oksidatif.

Alasan mengapa suplemen antioksidan individu atau persiapan multivitamin berbuat banyak untuk mencegah katarak mungkin ada hubungannya dengan kompleksitas metabolisme tubuh manusia. Sampai saat ini, tidak ada kombinasi yang terbatas dan buatan belum dapat mereproduksi lingkungan kaya antioksidan hadir dalam makanan sehat. Selain itu, ada kemungkinan banyak lebih banyak antioksidan yang kita belum menemukan, dan antioksidan ini tidak diketahui mungkin memainkan peran besar dalam pencegahan katarak dan jenis lain dari penyakit.

Penelitian menunjukkan suplemen antioksidan berbuat banyak untuk mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular. Namun, diet kaya dalam sayuran berdaun, buah-buahan yang berwarna-warni dan sumber-sumber lain antioksidan telah dikaitkan dengan penurunan risiko untuk kanker dan penyakit jantung. Demikian pula, sedangkan sebuah diet seimbang kaya antioksidan dapat membantu mencegah pembentukan katarak, saat ini suplemen antioksidan mungkin berbuat banyak untuk mencegah penyakit. Akhirnya, jika Anda berharap untuk meningkatkan manfaat antioksidan.

Demikian informasi yang saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda.

Check Also

mia

Inilah 6 Fakta-fakta Mia Khalifa Sang Bintang Porno Penuh Kontroversi

Mia Khalifa adalah artis pendatang baru dalam film biru. Hanya saja namanya meroket dengan sangat …