web analytics
Breaking News
Home / Info / Beberapa Langkah Untuk Memperbaiki Bentuk Tubuh
573c29c6cf944-ketahui-empat-dampak-berbahaya-postur-tubuh-yang-buruk_641_452

Beberapa Langkah Untuk Memperbaiki Bentuk Tubuh

Postur tubuh Anda memainkan peran dalam cara Anda melihat dan bahkan membantu dalam membentuk kepribadian Anda.

Menjaga postur tubuh yang baik sementara duduk, berdiri, berjalan, atau tidur membantu menjaga tubuh Anda dalam keselarasan.

Ini juga mengurangi risiko Anda jatuh, dan mencegah sakit otot serta sakit leher dan punggung.

Di sisi lain, sikap tubuh yang buruk dapat mempengaruhi fisik dan kesejahteraan Anda, dan dapat mengganggu tidur Anda. Itu bahkan dapat menyebabkan masalah pernafasan, sakit sendi, kesulitan berjalan dan membungkuk kembali.

Anda tidak dilahirkan dengan sikap tubuh yang buruk. Gaya hidup Anda dan cara dimana Anda berjalan, duduk di kursi Anda atau tidur  malam mengarah pada sikap tubuh yang buruk. Untungnya, dibutuhkan sedikit usaha untuk memperbaiki postur tubuh Anda.

Berikut adalah cara untuk memperbaiki postur tubuh Anda

1. Selalu Berjalan

Ketika berjalan, mencoba untuk ‘berjalan tinggi’. Ini berarti Anda harus tetap tegak kepala dengan mata Anda melihat lurus ke depan, bahu Anda harus lurus dan berat badan Anda harus seimbang secara merata pada kedua kaki.

Anda juga dapat meningkatkan keseimbangan Anda dengan berjalan di pasir dengan papan di kepala Anda. Ini akan membantu memperbaiki postur tubuh Anda berjalan.

Sampai Anda telah menguasai postur tubuh Anda, mengingatkan diri Anda untuk tidak membungkuk saat berjalan. Ketika berdiri, Hindari bersandar pada satu kaki atau “tergantung pada pinggul” seperti yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot di daerah panggul karena tekanan pada satu sisi pinggul dan punggung Anda.

Untuk membantu mencegah membungkuk, berdiri dengan bersandar pada dinding, dengan bagian belakang kepala, bahu dan pantat hanya menyentuh dinding. Berdiri dalam posisi ini selama 10-15 menit, beberapa kali setiap hari.

2. Tidur Terlentang

Memang benar bahwa Anda secara tidak sadar dapat mempertahankan sikap tertentu saat tidur, tapi bagaimana Anda tidur dapat memiliki efek pada postur tubuh Anda.

Sebagai contoh, tidur terlentang dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda. Ketika tidur terlentang, sumsum tulang belakang Anda mendapat dukungan yang tepat dari tempat tidur dan bahu Anda dengan sempurna dengan tubuh.

Di sisi lain, posisi tidur yang salah dapat ketegangan punggung dan menyebabkan nyeri tubuh. Tidur menyamping dapat merugikan tulang belakang dan saraf Anda.

3. Duduk

Bahkan jika Anda berlatih sambil duduk, penting untuk sering istirahat. Duduk selama berjam-jam di posisi yang sama dapat membuat Anda merasa lelah dan tegang, dan bahkan menyebabkan nyeri di leher.

Itu juga dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah, meningkatkan stres, mengurangi kreativitas dan membuat Anda kurang energik.

Perlu Anda ingat bahwa tubuh Anda tidak dirancang untuk duduk untuk waktu yang lama. Jadi, setelah duduk selama satu jam, berdiri dan meregangkan, berjalan-jalan, melakukan sedikit latihan atau berdiri di tempat selama setidaknya 5 menit.

4. Memakai Sepatu Tumit Rendah

Sepatu hak tinggi sangat populer di kalangan wanita, tetapi tidak baik untuk postur tubuh Anda.

Mengenakan sepatu bertumit tinggi untuk waktu yang lama dapat mempengaruhi tulang belakang, pergelangan kaki, pinggul, lutut dan kaki, yang pada gilirannya mengubah  postur tubuh Anda.

 

Check Also

perang

History Perang Vietnam, Kekalahan Terbesar Amerika

Perang Vietnam atau sering disebut Perang Indochina Kedua adalah konflik panjang yang terjadi di tahun 1957 sampai …