web analytics
Breaking News
Home / Info / Beberapa Hal Yang Harus Kita Ketahui Sebelum Atau Sesudah Makan
menata-acara-jamuan-makan-dirumah-2

Beberapa Hal Yang Harus Kita Ketahui Sebelum Atau Sesudah Makan

Sangat penting untuk mempertahankan gaya hidup yang bagus untuk menjaga tubuh Anda fit dan sehat. Sama seperti sarapan dan makan malam sanagt penting untuk kita.

Makan malam menyediakan tubuh dengan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk berfungsi saat Anda sedang tidur. Makan malam yang sehat, juga membantu Anda menikmati tidur nyenyak. Selain itu, makan malam adalah yang paling mungkin menjadi kegiatan kelompok, memberikan Anda waktu untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman.

Orang sering mengabaikan pentingnya makanan sehat, atau mereka membuat pilihan-pilihan jelek untuk menu makan malam mereka. Makan malam Anda harus menyertakan salad, sup, dan lauk sederhana.

Para ahli kesehatan menyarankan makan malam setidaknya 2 jam sebelum tidur. Makan di moderasi dan menghindari minuman berkafein atau minuman beralkohol saat makan malam.

Selain itu, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan atau sebelum dan setelah makan  untuk kesehatan yang optimal.

Berikut adalah hal-hal sehat untuk diingat sebelum dan setelah makan

1. Minum Air Hangat

Minum segelas air hangat 30 menit sebelum makan untuk membantu pencernaan. Selain itu, segelas air hangat akan membuat Anda kenyang dan mencegah makan berlebihan saat makan malam.

Anda dapat mencicipi sedikit air hangat selama Anda makan untuk membantu menelan makanan Anda. Menghindari minum terlalu banyak air seperti itu bisa mengganggu pencernaan.

Setelah makan malam, menunggu selama setidaknya setengah jam dan kemudianminum segelas air hangat. Air sedikit hangat membantu membantu memecah makanan di perut Anda dan membantu pencernaan. Ini membantu tubuh menyerap nutrisi.

2. Jangan Langsung Tidur

Setelah menikmati makan malam, banyak orang tergoda untuk pergi tidur segera. Berbaring setelah makan dapat memperlambat proses pencernaan. Itu mungkin juga membuat Anda merasa kembung dan dapat menyebabkan mulas.

Menunggu untuk setidaknya 2 jam sebelum tidur.  Anda dapat pergi untuk berjalan-jalan, mencuci piring, mempersiapkan untuk hari berikutnya atau menghabiskan waktu dengan anak-anak Anda. Intinya adalah untuk melakukan apa pun selain langsung pergi tidur setelah makan.

3. Berjalan Kaki

Setelah makan dan sebelum tidur, tunggu 30 menit dan kemudian pergi untuk berjalan-jalan. Tidak perlu berjalan-jalan selama satu jam. Anda hanya dapat menikmati berjalan kaki 15-20-menit singkat di dekat rumah Anda.

Berjalan adalah latihan yang baik untuk seluruh tubuh Anda. Ini akan membantu Anda mencerna makanan Anda dan mencegah kembung. Jika Anda tidak suka berjalan, menjaga hewan peliharaan untuk menginspirasi Anda untuk berjalan setelah makan malam.

4. Hindari Latihan Berat

Berjalan adalah latihan yang ideal setelah makan malam Anda. Namun, latihan berat tidak pilihan yang sehat. Latihan Malam terutama sesi kardio, meningkatkan suhu tubuh secara signifikan, mencegah pelepasan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun. Ini berarti berolahraga malam dapat mengganggu kemampuan Anda untuk jatuh tertidur.

Selain itu, tubuh Anda akan mencoba untuk mencerna makan malam Anda,  Anda merasa lamban dan lesu selama latihan berat. Hal ini juga meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan sakit perut atau kram.

5. Sikat Gigi

Hal ini penting untuk sikat gigi dengan benar setelah makan. Tunggu 30 menit dan kemudian sikat gigi. Untuk kesehatan secara keseluruhan mulut. Ini akan membantu menghilangkan plak dan menetralisir pH mulut Anda, menjaga gigi Anda bersih dan sehat.

Anda juga harus menyikat gigi selama 2 menit. Sikat setiap bagian gigi untuk 30 detik-atas kiri, kanan atas, kiri bawah dan bawah kanan. Gunakan bulu sikat lembut dan pasta gigi berkualitas baik.

6. Tidak Merokok

Perokok mungkin tergoda untuk memiliki Rokok setelah makan malam, tapi menahan diri. Merokok buruk sepanjang waktu, tapi merokok setelah makan membuat mulas.

Selain itu, Rokok memperburuk gejala sindrom iritasi usus serta kolitis ulseratif (ulkus lambung). Merokok juga memiliki efek buruk pada otot-otot usus besar.

Rokok mengandung karsinogen  yang meningkatkan risiko kanker, dan nikotin dalam rokok sangat adiktif. Plus, itu dapat mengganggu siklus tidur Anda.

Check Also

perang

History Perang Vietnam, Kekalahan Terbesar Amerika

Perang Vietnam atau sering disebut Perang Indochina Kedua adalah konflik panjang yang terjadi di tahun 1957 sampai …