web analytics
Breaking News
Home / health / Mari Mengenal Fobia Unik Trypophobia, Apakah Kamu Salah Satunya?
tripo

Mari Mengenal Fobia Unik Trypophobia, Apakah Kamu Salah Satunya?

Beberapa tahun yang lalu, foto editan bergambar kulit dengan banyak lubang menjadi viral di berbagai media sosial. Foto editan tersebut pun sukses membuat banyak orang merinding ketika melihatnya. Singkatnya, bagi siapa yang melihat foto itu akan merasa ngeri atau jijik dan bisa jadi memiliki kondisi psikologi yang unik yaitu trypophobia.

Trypophobia atau sering disebut fobia lubang merupakan ketakutan terhadap sekumpulan lubang kecil atau benjolan yang tidak beraturan. Kata trypophobia sendiri ditemukan sejak tahun 2005 yang merupakan kombinasi dari kata trypo (Yunani) yang artinya lubang dan fobia.

Meskipun begitu, nyatanya pihak American Psychiatric Association’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders tidak mengakui kondisi tersebut sebagai fobia yang sesungguhnya. Apakah kamu termasuk orang-orang yang fobia lubang? Yuk, cari tau fakta-fakta nya!

1. Trypophobia Bukan Penyakit

1

 

Trypophobia memang bisa mengganggu kehidupan seseorang dengan normal. Bayangkan saja, kamu harus geli bahkan jijik saat melihat busa di cangkir kopi atau merasa ingin muntah saat melihat lubang-lubang di bika ambon yang akan kamu makan. Meski keadaan fobia lubang ini bikin kamu nggak nyaman, namun secara medis, trypophobia belum digolongkan sebagai sebuah penyakit.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli-ahli medis mengatakan belum bisa mengambil kesimpulan bahwa kondisi ini cukup serius untuk disebut sebagai sebuah penyakit. Jika kamu mengalami keadaan seperti ini, jangan panik karena kamu hanya merasa geli atau jijik dan kejiwaan kamu nggak akan terganggu.

2. Penyebab Dari Trypophobia

2

Para ahli masih belum menemukan apa penyebab dari fobia yang cukup aneh tersebut. Beberapa kalangan berpendapat bahwa trypophobia sama seperti fobia lainnya yang sudah dialami sejak anak-anak. Besar kemungkinan akibat mengalami trauma saat memasuki tahap awal kehidupan. Karena penyebab trypophobia belum diketahui, maka belum ada semacam tes untuk memeriksa fobia ini.

Meskipun sebenarnya tidak berbahaya, gambar-gambar tersebut menyebabkan berbagai gejala termasuk perubahan kognitif yang mencerminkan kecemasan, perubahan fisiologis (seperti mual, detak jantung meningkat, atau kesulitan bernafas) dan gejala tubuh di kulit (seperti gatal-gatal dan merinding).

Dalam sebuah penelitian, salah seorang informan yang memiliki trypophobia mengungkapkan ketakutannya pada gurita cincin biru. Peneliti kemudian menyimpulkan salah satu penyebab dari trypophobia bisa jadi diakibatkan oleh kemiripan sebuah objek berlubang-lubang dengan hewan berbisa.

Seperti yang kita tahu, hewan-hewan berbahaya memiliki kulit dengan pola yang menarik. Insting kita bisa jadi memberi tahu bahwa segala sesuatu dengan pola yang menarik adalah benda berbahaya dan harus dihindari.

3. Cara Menangani Trypophobia

3

Sama halnya dengan phobia lainnya, trypophobia hanyalah sebuah perasaan takut berlebih terhadap objek yang terlihat penuh lubang, sehingga trypophobia tidak berbahaya, namun gangguan kejiwaan ini tentunya tidak akan nyaman jika tidak segera kamu atasi.

Saat ini belum ada zat spesifik yang bisa mengobati fobia ini, jadi hanya kemauan dan inisiatif dari penderita. Pelajari apa yang membuat kamu takut. Mencari tahu lebih banyak tentang sumber ketakutan kamu adalah cara efektif untuk mengatasi fobia lubang atau fobia lainnya. Misalnya, jika kamu merinding melihat kelopak biji teratai, cari tahu mengapa bentuknya seperti itu? Apakah ada fungsi dan alasan tertentu? Dengan begitu, rasa takut kamu mungkin akan menjadi sedikit berkurang.

4. Trypophobia Tidak Mudah Dideteksi Dari Internet

4

Beberapa foto yang disebar untuk melihat apakah seseorang mengalami trypophobia biasanya berupa gambar kulit tangan yang berlubang. Padahal trypophobia tidak ada hubungannya dengan kulit tangan. Bukan hanya mereka yang memiliki trypophobia saja, tapi semua orang akan merasa jijik jika melihat kulit yang berlubang atau gambar sebuah objek yang dipenuhi jamur.

Selain itu, foto yang diunggah di internet mengalami editing agar terlihat lebih kontras dan tajam sehingga lebih mudah memancing rasa takut dan jijik seseorang dibandingkan saat mereka melihat objek yang sebenarnya. Beberapa di antaranya bahkan hanyalah sebuah gambar rekayasa yang tidak akan kita temui di dunia nyata. Foto-foto tersebut tidak bisa mendeteksi apakah kita memiliki trypophobia atau tidak.

5. Ternyata, Seorang Kendall Jenner Pengidap Trypophobia

5

Dibalik sosoknya yang dingin dan pendiam, ternyata Kendall Jenner menyimpan kelemahannya yaitu rasa takut ketika melihat permukaan yang dipenuhi oleh lubang. Dilansir dari Aceshowbiz, Kendall Jenner mengalami penyakit Thrypophobia. Model Victoria’s Secrets ini sangat takut bahkan panik ketika melihat lubang dan kue pancake.

“Saya baru saja mengidap penyakit Thrypophobia. Saya takut jika melihat lubang-lubang. Bahkan saya belajar untuk membenci pancake karena permukannya berlubang,” ungkapnya. Bahkan, Kendall sempat menangis dan menjerit ketika melihat permukaan pancake. Padahal, gadis kelahiran tahun 1995 ini sangat menyukai makanan pancake.

Nah, bila kamu merasa gemetaran, berkeringat, mual, pusing atau ingin cepat-cepat ke toilet ketika melihat foto tersebut, bisa jadi kamu salah satu penderita Trypophobia. Semoga tulisan di atas bermanfaat dan terima kasih.

Check Also

bc861c5d2c4b084835906772ef5fdb62

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lemon basil ( daun kemangi ) adalah salah satu jenis sayuran hijau yang sering dijadikan …