web analytics
Breaking News
Home / health / Manfaat Jus Tomat Untuk Balita
khasiat-buah-tomat

Manfaat Jus Tomat Untuk Balita

Tomat adalah buah dari nightshade Solanum lycopersicum yang berwarna merah yang sering dimakan. Buah tomat lebih dikenal sebagai tanaman tomat. Spesies yang berasal dari Amerika Selatan Andes dan sebagai penggunaan makanan berasal dari Meksiko dan menyebar di seluruh dunia yang mengikuti kolonisasi Spanyol di Amerika. Banyak varietas sekarang banyak ditanam, kadang-kadang di rumah kaca di iklim dingin.

Manfaat jus tomat untuk kesehatan balita

Siapa yang tidak tahu tomat? Buah bulat yang berwarna merah yang biasanya digunakan untuk pelengkap masakan. Penambahan buah ini berfungsi sebagai hidangan bumbu alami. Tomat termasuk buah yang mengandung rasa umami.

Ada beberapa jenis tomat digunakan untuk memasak, tetapi yang sering digunakan adalah tomat buah dan tomat kecil (tomat cherry). Keutamaan dari buah tomat yaitu, tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, sedangkan Vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Warna merah pada tomat menunjukkan bahwa lycopene fitokimia zat senyawa yang bertindak sebagai antioksidan.
Vitamin A sangat baik untuk balita. Kebutuhan vitamin A untuk anak usia 1-3 tahun adalah 300 mikrogram per hari (1.000 IU), sedangkan untuk anak usia 4-8 tahun perlu 400 mikrogram per hari (1.300 IU) dan untuk anak-anak 9-13 tahun 600 mikrogram per hari (2.000 IU).

Dalam satu buah tomat dengan berat sekitar 60 gram, terdapat kandungan vitamin A sekitar 600-1000 IU. Ini berarti, untuk balita usia 1 tahun kebutuhan vitamin A dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi potongan-potongan tomat 1 atau 2 buah.

Bagaimana cara untuk mengonsumsi buah tomat untuk balita, yaitu dengan cara dihaluskan. Pertama anda harus mencucui buah tomat, kemudian di blansir menggunakan air panas, setelah di blansir kupas kulitnya, buang bijinya, potong-potong dan tambahkan air, setelah itu tomat tersebut dihancurkan/diblender. Jika rasanya terlalu asam untuk balita anda dapat menambahkan atau mencampurkan buah-buahan manis seperti pepaya.

Check Also

buah-leci

Manfaat Lychee Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan

Halo bagi para pembaca  aneka manfaat buah untuk kesehatan yang sederhana . Disini kita membahas …