web analytics
Breaking News
Home / health / Manfaat Daun Ketumbar Atau Ketumbar
ghi 4

Manfaat Daun Ketumbar Atau Ketumbar

Ketumbar juga dikenal sebagai  peterseli Cina atau dhania adalah ramuan tahunan dalam keluarga Apiaceae. Ketumbar asli yang membentang dari Eropa Selatan, Afrika Utara, dan Asia barat daya. Ketumbar adalah tanaman lembut yang tumbuh tinggi 50 cm.

Ada begitu banyak tanaman herbal di sekitar anda yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Selain berwujud akar, tumbuhan juga sering ditemukan dalam bentuk daun. Salah satunya adalah ketumbar atau sering disebut peterseli Cina.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari daun ketumbar atau ketumbar untuk tubuh Anda :

Mencegah batu ginjal

Ketumbar berfungsi sebagai diuretik alami yang bermanfaat untuk menghapus urin yang berlebih. Cilantro juga mampu mendetoksifikasi ginjal untuk mencegah batu ginjal.

Menurunkan kadar gula darah

Kolesterol adalah lemak esensial yang mampu menyebabkan penyakit kronis seperti gagal jantung, stroke dan diabetes. Daun ketumbar secara alami mampu menurunkan kadar gula darah karena kandungan natrium dan kalium di dalamnya.

Menghilangkan racun dari tubuh

Logam berat seperti merkuri, aluminium, memimpin dan terkumpulnya dalam tubuh manusia dalam jangka panjang. Secara bertahap logam ini dapat menyebabkan penyakit seperti kemandulan, autisme, demensia, dan racun.

Mengurangi kecemasan

Ketumbar dapat menenangkan saraf dan menghilangkan stres. Otot-otot anda yang tegang akan menjadi lemah sehingga akan menurunkan kecemasan anda.

Menyembuhkan infeksi saluran kemih

Selain mampu membersihkan ginjal, ketumbar ini juga baik untuk membersihkan saluran kemih. Untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih.

Mencegah osteoporosis dan pembekuan darah

Vitamin K yang tinggi  di cilantro selain untuk  kesehatan tulang , cilantro juga memainkan peran penting untuk pencegahan pembekuan darah.

Mencegah anemia

Dengan makan ketumbar, maka sel-sel darah merah anda akan dimurnikan dan diproduksi oleh zat aktif. Sehingga anda dapat menghindari anemia.

Menyembuhkan masalah pencernaan

Ketumbar adalah tanaman herbal yang membantu untuk menghasilkan enzim pencernaan lebih. Sehingga masalah-masalah yang terkait dengan kembung atau pencernaan dapat disembuhkan.

Mengurangi sakit pada saat menstruasi

Daun ketumbar kaya dalam asam yang membantu dalam sekresi hormon dan mengatur siklus menstruasi. Cilantro juga dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

Bekerja sebagai deodoran alami

Karena ketumbar dapat menghilangkan racun dari tubuh, bakteri yang menyebabkan bau pada badan pun bisa hilang.

Mencegah gangguan mata

Cilantro juga tinggi antioksidan di dalamnya. Ini berarti bahwa cilantro mampu menyuburkan mata Anda.

Mencegah Alzheimer

Kandungan vitamin K di ketumbar sangat berguna untuk mengurangi kerusakan saraf penyebab penyakit Alzheimer.

Membantu mengobati arthritis

Anti-inflamasi  di cilantro membantu pasien dengan arthritis untuk mengurangi bengkak sendi. Di cilantro tambahan juga dapat menyembuhkan radang sendi.

Ketumbar dapat anda konsumsi dengan cara di rebus dengan air.
Anda dapat mengeringkan dan kemudian digunakan sebagai bubuk ditaburkan pada makanan anda.

Check Also

buah-leci

Manfaat Lychee Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan

Halo bagi para pembaca  aneka manfaat buah untuk kesehatan yang sederhana . Disini kita membahas …