web analytics
Home / health / Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan
bc861c5d2c4b084835906772ef5fdb62

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lemon basil ( daun kemangi ) adalah salah satu jenis sayuran hijau yang sering dijadikan sebagai lalapan pelengkap makanan. Daun kemangi ternyata tidak hanya nikmat dikonsumsi, namun kandungan gizi dalam daun kemangi juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi dan gizi dari daun kemangi adalah 

  • Energi sebanyak 43 kilokalori
  • Protein sebanyak 5,5 gram
  • Karbohidrat sebanyak 7,5 gram
  • Lemak sebanyak 0,3 gram
  • Kalsium sebanyak 35 mg
  • Zat besi sebanyak 20 mg.

Tidak sampai di situ saja, daun kemangi juga mengandung vitamin A sebanyak 1017 IU, vitamin B1 sebanyak 0,06 mg, serta vitamin C sebanyak 30 mg. Berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam daun kemangi tersebut diperoleh dari total daun kemangi sebanyak 100 gram dengan total jumlah yang dapat dikonsumsi sebanyak 65%.

Kemangi Thailand atau Laos kemangi (Ocimum × citriodorum) merupakan hasil persilangan antara kemangi (Ocimum basilicum) dan Afrika kemangi (Ocimum americanum).Ramuan ini tumbuh terutama di timur laut Afrika dan Asia Selatan dengan harum aroma lemon yang kuat  dan  dapat digunakan dalam memasak.

Lemon basil ( daun kemangi ) batangnya dapat tumbuh tinggi antara 20-40 cm, dan memiliki bunga putih di akhir musim panas untuk awal musim gugur. Benih membentuk pada tanaman setelah berbunga dan kering pada tanaman.

Kemangi adalah ramuan yang populer dalam masakan Arab, Indonesia, Laos, Persia dan Thailand.

Daun kemangi sangat banyak manfaat bagi kesehatan, karena kemangi dapat mengatasi bau badan berlebihan. Selain itu, kemangi ini juga baik untuk wanita hamil dan menyusui, serta banyak manfaat lain dari kemangi. 

Berikut adalah beberapa manfaat dari daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menghilangkan bau badan

Manfaat pertama kemangi adalah dapat menghilangkan atau mengatasi bau badan. Bau yang segar dan wangi dari kemangi sangat baik untuk menghilangkan bau badan yang kurang menyenangkan. Untuk menghilangkan bau badan dengan kemangi, daun dapat dikonsumsi langsung atau menggunakan air untuk mandi. Untuk membuat air kemangi sangat mudah, haluskan daun kemangi dan Campurkan dengan air yang digunakan untuk mandi. Melakukannya setidaknya sekali sehari kemudian bau badan anda akan menghilang secara bertahap.

2. Memperlancar ASI

Daun kemangi juga sangat bermanfaat untuk perawatan ibu hamil dan menyusui dapat memfasilitasi produksi air susu ibu. Daun Basil mengandung mineral yang dapat merangsang pelepasan ASI. Memakan daun kemangi setiap hari dapat membuat ASI menjadi lancar. Selain dapat memperlancar susu, kemangi juga dapat mengatasi gangguan pencernaan untuk wanita hamil. Kemangi juga dapat mencegah ulkus yang sering diderita oleh wanita hamil.

3. Mengatasi infertilitas ( kemandulan )

Kemangi ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan reproduksi laki-laki. Manfaat daun kemangi bagi laki-laki yang dapat diatasi dan mencegah infertilitas. Kemangi dikonsumsi setiap hari oleh laki-laki untuk menjaga kesehatan reproduksi mereka. Membuktikan orang yang memakan kemangi tidak mengalami kemandulan. Pada kenyataannya, kemangi juga dapat mengatasi Infertilitas pada pria.

4. Menjaga jantung sehat

Kemangi ini juga sangat baik untuk menjaga jantung sehat. Kemangi dapat mempercepat sirkulasi darah dalam tubuh sehingga membuat jantung anda lebih sehat. Makan kemangi setiap hari juga dapat meningkatkan daya tahan dan menjaga metabolisme tubuh.

5. Mempercantik wajah

Manfaat kemangi ini juga dapat mempercantik wajah. Kemangi dapat menghilangkan bekas jerawat dan dapat membuat wajah menjadi halus bebas dari jerawat. Untuk menyingkirkan jerawat anda harus menumbuk kemangi sampai halus, kemudian tempelkan kemangi yang sudah di haluskan pada jerawat yang ada pada wajah, setelah 30 menit bilas dengan air hangat.

Mengonsumsi daun kemangi dengan sangat banyak baik untuk kesehatan pria dan wanita. Untuk mendapatkan manfaat dari kemangi ini, anda hanya perlu mengambil beberapa daun kemangi secara teratur setiap hari. Bau yang khas dari daun kemangi dapat membantu anda bersantai dan pikiran menjadi segar.

Check Also

khasiat-buah-tomat

Manfaat Jus Tomat Untuk Balita

Tomat adalah buah dari nightshade Solanum lycopersicum yang berwarna merah yang sering dimakan. Buah tomat …