web analytics
Home / health / Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan
durian-belanda

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Buah sirsak (Annona muricata)  adalah buah yang berdaun lebar dan berbunga. Buah sirsak merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Indonesia adalah salah satu negara yang banyak melestarikan dan memilki banyak julukan seperti nangka sebrang, nangka landa, nangka walanda, nangka buris, dan srikaya jawa.

Daging buah sirsak yang sudah matang memiliki warna putih dengan biji hitam yang sedikit. Sementara bagian yang sering dimanfaatkan adalah daun sirsak karena menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi dan Fitonutrien  pada buah sirsak, sebagai berikut :

  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2.
  • Mineral besi
  • Kalium
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Serat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan buah sirsak 

Mencegah kanker

Annonaceous acetogenins adalah senyawa fitokimia yang terpenting pada tumbuhan sirsak, yang terkandung di dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini memainkan peran dalam menangkal kanker dan serangan virus. Studi menunjukkan bahwa isi dari acetogenins Annonaceous di graviola dapat membunuh sel-sel ganas di 12 jenis kanker, termasuk kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan banyak lagi.

Kencing halus

Jus buah sirsak dapat digunakan sebagai obat,  jika anda mengalami nyeri saat berkemih ( buang air kecil ).  Jus buah sirsak ini juga bisa megatasi haematuria ( penyakit yang ditandai dengan adanya darah di urin ) yaitu sel darah putih dalam urin dan penyakit hati yang ringan.

Menjaga kesehatan tulang

Selain berisi fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lainnya yaitu, tembaga yang membantu penyerapan kalsium ke tulang sehingga tulang anda tetap persyaratan gizi yang memadai.

Meningkatkan energi

Jika anda mengonsumsi buah sirsak anda akan merasa bergairah, karena aromanya yang segar akan dapat membuat suasana hati anda kembali hidup. Buah sirsak juga mengandung Tiamin ( Vitamin yang terlarut dalam air ) yang berguna untuk meningkatkan energi anda.

Meringankan migrain

Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang  diketahui efektif untuk meringankan sakit kepala migrain.

Mencegah anemia

Zat besi yang terdapat dalam buah sirsak juga diyakini efektif untuk meringankan gejala anemia yang dapat menyerang setiap saat.

Manfaat biji buah sirsak, yaitu :

Tidak hanya daging buah sirsak saja yang berguna untuk menjaga kesehatan, biji buah sirsak juga berguna untuk menjaga kesehatan anda. Bahkan biji sirsak  mengandung zat emesis yang dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah.

 

Check Also

khasiat-buah-tomat

Manfaat Jus Tomat Untuk Balita

Tomat adalah buah dari nightshade Solanum lycopersicum yang berwarna merah yang sering dimakan. Buah tomat …