web analytics
Breaking News
Home / health / Berbagai Kegunaan Propolis Bagi Kesehatan Tubuh
propolis_taruvaik

Berbagai Kegunaan Propolis Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat kesehatan yang paling mengesankan dari propolis mencakup kemampuan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh, mencegah beberapa jenis kanker,mengurangi peradangan, mengurangi reaksi alergi, menyembuhkan luka, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan mata, menghentikan kematian sel, dan memperkuat tulang.

Walaupun lebah paling terkenal dengan hasil madu, mereka juga memiliki alat berharga lain dalam persenjataan mereka. Propolis, juga dikenal sebagai lem lebah, adalah jenis bahan resinous bahwa lebah dapat mengumpulkan pada kaki mereka dari bunga, kuncup, dan sumber-sumber lain. Propolis ini kemudian dibawa kembali ke sarang, dimana  pada dasarnya digunakan sebagai lem untuk memperbaiki kerusakan dalam bagian dari sarang. Sementara lilin lebah umumnya digunakan untuk pembangunan berskala besar, propolis ini digunakan terus-menerus untuk memperbaiki rumah atau sarang mereka. Selama ribuan tahun, propolis telah diperoleh dan untuk digunakan dalam obat-obatan tradisional.

Berikut Manfaat kesehatan dari Propolis

1. Penyembuhan Luka

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu aspek propolis yang paling berharga adalah kualitas antiseptik alami. Dengan menerapkan propolis pada luka, Anda dapat melindungi luka Buka dan infeksi luka. Antioksidan yang terkandung dalam propolis dapat bertindak untuk penyembuhan luka, merangsang aliran darah dan  mengurangi peradangan.

2. Mengatasi Kulit Sensitif

Propolis juga dapat digunakan sebagai krim anti-inflamasi untuk gigitan serangga dan penderitaan kulit lain. Selama ribuan tahun, gigitan serangga, ruam,dan iritasi kulit dari setiap jenis telah diobati dengan salep yang dibuat dengan propolis atau menerapkan langsung ke kulit. Hal ini sangat efektif sebagai pengobatan untuk jerawat, psoriasis, eksim, dan infeksi lain pada organ terbesar tubuh kita!

3. Merangsang Sistem Peredaran Darah

Beberapa bahan aktif lain yang ditemukan dalam propolis merangsang sistem peredaran darah dalam tubuh, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigenasi berbagai bagian tubuh. Ini berarti meningkatkan energi, lebih cepat penyembuhan luka, dan metabolisme yang sehat. Aliran darah melalui arteri dan pembuluh darah juga penting untuk mempromosikan kesehatan jantung, dan akan mengurangi kemungkinan dari gumpalan darah, aterosklerosis, dan selanjutnya serangan jantung atau stroke.

4. Meningkatkan Kekuatan Sistem Kekebalan Tubuh

Antiseptik propolis dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh jauh lebih besar. Dengan menambahkan sejumlah kecil propolis untuk diet Anda, Anda dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh karena efek antivirus dan antibakteri alami.

5. Menghilangkan Radikal Bebas Dari Tubuh

Radikal bebas adalah masalah yang sering kita hadapi dalam tubuh kita, karena mereka adalah produk alami metabolisme sel. Tetapi mereka dapat menyebabkan mutasi selular, kanker, dan penyakit kronis lainnya. Untungnya, antioksidan pada Propolis mampu menetralisir dan menghilangkan radikal bebas dari banyak sistem yang berbeda dari tubuh kita. Antioksidan bekerja dalam hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh untuk menghilangkan penjajah-penjajah asing dan memperlambat kemajuan radikal bebas.

6. Pencegahan Kanker

Potensi antioksidan dalam propolis sangat menarik untuk menyerang kanker. Propolis telah terbukti untuk pencegahan yang efektif dari beberapa jenis kanker.

Check Also

buah-leci

Manfaat Lychee Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan

Halo bagi para pembaca  aneka manfaat buah untuk kesehatan yang sederhana . Disini kita membahas …