web analytics
Breaking News
Home / Berita Unik / Leedsichthys, Ikan Purba Terbesar Yang Pernah Ada
nicholls

Leedsichthys, Ikan Purba Terbesar Yang Pernah Ada

Jika ditanya, makhluk apa yang paling besar di lautan sekarang ini? Pasti jawabnya mudah yaitu ikan paus. Tapi, kamu mesti tau sebenarnya ikan paling besar sebelum ikan paus itu ada loh. Hewan ini bahkan berkali-kali lebih besar daripada ikan paus. Coba tebak siapa dia hayo! Salah!! Ikan ini dinamakan Leedsichthys, ikan purba yang pernah hidup di samudera periode zaman dinosaurus. Perlu kamu ketahui, ikan ini sudah punah bersama para dinosaurus.

Fosil ikan purba ini telah ditemukan di berbagai tempat seperti Perancis, Inggris, Chili dan Jerman. Kalau kamu sendiri bisa membayangkan besar ikan paus, maka ikan ini dapat lebih besar berkali lipat dari ikan paus. Jika sudah di lautan, ikan Leedsichthys menjadi makhluk hidup yang paling besar dibandingkan ikan-ikan lainnya. Pengen tau, seperti apa ikan purba raksasa ini? Yuk, kita simak ulasannya.

Penemu fosil Leedsichthys adalah Peneliti Inggris

Fosil dari ikan ini ditemukan untuk pertama kalinya oleh seorang peneliti yang bernama Alfred Nicholson Leeds pada tahun 1886. Dia merupakan peneliti yang berasal dari Universitas Bristol, Inggris. Saat ditemukan, fosil dari Leedsichthys berbentuk-bentuk fragmen kecil. Setelah dilakukan penelitian berlanjut, barulah diketahui ikan tersebut ternyata memiliki panjang yang 16,5 meter. Ukuran ini tentu lebih besar daripada ikan paus.

th

Dengan ukurannya yang besar itu, beratnya diperkirakan sekitar 21,5 ton atau jika dibandingkan seberat tiga gajah Afrika yang masih hidup. Ikan ini disimpulkan dapat bertahan hingga usia 40 tahun dan memiliki mulut yang besar dan lebar. Ikan ini memiliki mulut yang lebar dengan 40.000 gigi yang berfungsi untuk menyedot sekaligus menyaring makanan seperti plankton, ubur-ubur dan juga udang.

Berpindah tempat demi mencari keamanan

Ikan raksasa purba ini selalu melakukan perjalanan jauh setiap musimnya demi mencari tempat yang aman bagi kehidupannya. Meski tubuhnya begitu besar, ikan ini sangat rantan terhadap serangan predator laut lainnya seperti Liopleurodon atau Metriorhynchus. Ikan ini tidak dapat membela dirinya, layaknya hewan herbivora lain, dia hanya dapat melarikan diri dari serangan yang datang.

s44635575

Namun, dengan ukuran yang besar seperti itu, ikan ini lambat dalam pelariannya. Satu serangan yang didapatkan dari predator mungkin tidak akan langsung menewaskan spesies yang berukuran dewasa ini. Tapi, jika serangan yang diberikan secara bersama-sama dari suatu kelompok dapat memberikan cidera yang sangat fatal. Serangan pengeroyokan akan mempercepat kematian dari ikan raksasa ini. Jadi bukan berarti ikan raksasa ini aman dari predator yang berukuran lebih kecil darinya.

Memiliki mulut besar yang sangat kuat.

Peneliti beranggapan selain ikan ini berukuran besar, Leedsichthys juga memiliki mulut yang mengagumkan. Mulutnya memiliki kekuatan penghisap yang sangat mengerikan. Sama seperti kekuatan beribu vacum cleaner jika sudah bekerja. Mulutnya menjadi organ yang unik karena suspensinya memiliki struktur yang bertautan dengan insang untuk mengekstrak plankton di dalam mulutnya. Seperti sebuah saringan raksasa.

bonnerichthys_kansas

Menurut Profesor Jeff Liston, Penemuan ini membantu untuk menambah dinamika populasi yang terdapat di jaman Jurrasic. Jika dikaitkan, ikan ini juga dapat memberikan informasi mengenai produktivitas di laut sekarang. Jadi dapat dibandingkan penghuni lautan yang dari besar sampai kecil seiring perubahan waktu.

Ikan ini bukan jenis paus

Tahun 1887, John Whitaker Hulke menghasilkan riset penelitan yang menyimpulkan bahwa fosil dari ikan ini termasuk dari dinosaurus yang dikategorikan dalam keluarga Stegosaurian. Di tahun berikutnya, ikan kembali diperiksa oleh peneliti lainnya yaitu Othiniel Charles Marsh yang merupakan seorang fosil ternama.

th (1)

Hasil penelitian menunjukkan ikan ini memang bukan termasuk golongan jenis paus, namun juga bukan masuk dalam keluarga Stegosaurian. Ikan ini lebih dikategorikan di dalam jenis ikan purba. Hanya berselang 2 minggu setelah hasil riset tersebut, seorang ahli ikan yang bernama Arthur Smith Woodward langsung menghasilkan data resmi mengenai ikan ini.

Penelitian inilah yang memberikan asumsi untuk para ahli bahwa Leedsichthys memiliki tubuh yang jauh lebih besar daripada seekor ikan paus yang paling besar di dunia. Bayangkan saja, jika ikan ini masih hidup sampai sekarang, pasti mengerikan untuk orang-orang yang mengarungi lautan ya.

Check Also

maskapai penerbangan

Bersiaplah Menghadapi Kebijakan Aneh Dari Maskapai

Orang yang mendapatkan kekecewaan saat maskapai penerbangan memaksakan sesuatu, namun ada yang lebih menjijikkan dengan …