web analytics
Home / Animal / Pitbull VS Tibetan Mastiff, 5 Anjing Terganas Paling Berbahaya di Dunia
anjing

Pitbull VS Tibetan Mastiff, 5 Anjing Terganas Paling Berbahaya di Dunia

Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu atau mungkin sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA. Penelitian lain mengungkap sejarah domestikasi anjing yang belum begitu lama. Tapi diantara banyak jenis anjing ada pula anjing yang sangat berbahaya.

Anjing merupakan hewan sosial sama seperti halnya manusia. Kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia menjadikan anjing bisa dilatih, diajak bermain, tinggal bersama manusia dan diajak bersosialiasi dengan manusia dan anjing yang lain. Anjing memiliki posisi unik dalam hubungan antarspesies.

Kesetiaan dan pengabdian yang ditunjukkan anjing sangat mirip dengan konsep manusia tentang cinta dan persahabatan. Walaupun sudah merupakan naluri alami anjing sebagai hewan kelompok, pemilik anjing sangat menghargai kesetiaan dan pengabdian anjing dan menganggapnya sebagai anggota keluarga sendiri.

Namun dibawah ini, mimin akan bahas beberapa anjing terganas yang pernah ada di dunia. Dan sampai saat ini, anjing jenis ini sangatlah berbahaya untuk dipelihara, mengingat beberapa hari lalu ada kasus dimana anjing peliharaan memangsa anak majikan yang terjadi di Malang, Indonesia. Berikut daftar ras anjing terganas di dunia!

1. Dogo Argentino

1. Dogo Argentino

Anjing yang berasal dari negaranya Maradona ini mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan jenis anjing pekerja lainnya, dengan nama resmi : El Dogo Argentino atau Dogo Argentino.

Jenis ini dapat memberikan jawaban yang memuaskan bagi para pecinta anjing pekerja yang menginginkan 3 profesi sekaligus yaitu sebagai anjing pemburu, anjing penjaga dan anjing keluarga. Namun anjing jenis ini jika depresi akan sangat berbahaya untuk di dekati. Saat ini, Dogo dipergunakan di Argentina sebagai dua fungsi yaitu anjing pemburu (Hunting dog) dan anjing penjaga (Guard dog).

2. German Shepherd

2. German Shepherd

Anjing German shepherd atau lebih dikenal dengan anjing Herder adalah salah satu anjing peliharaan yang paling populer di dunia. Anjing yang berasal dari Jerman ini dikenal sebagai anjing yang setia, cerdas, berani dan penuh waspada. Anjing herder memiliki bobot antara 30-40 kg dengan tinggi badan 55-60 cm.

Anjing Herder harus selalu diajak berolahraga karena mereka memiliki energi yang besar. Ia selalu meminta diajak jalan-jalan dan bermain. Jika tidak dilatih dengan benar, anjing ini akan menjadi anjing pengacau serta bisa jadi ancaman karena memiliki sifat yang agresif.

3. Rottweilers

3. Rottweilers

Anjing Rottweiler memiliki tubuh berotot, besar dan kuat. Bentuk kepala yang lebar dengan dahi yang bulat. Hidung lebar dan berwarna hitam. Bibir berwarna hitam dan gelap pada bagian dalam mulut. Mata berukuran medium berwarna gelap dan berbentuk seperti kacang almond. Anjing asal Jerman ini awalnya diternakkan sebagai anjing pekerja. Rottweiler akan siap menerima tugas-tugas berat.

Menarik gerobak barang, menggiring ternak, menjaga keamanan rumah, mengejar maling serta kesigapannya bersama kepolisian dan kemiliteran merupakan kegiatan-kegiatan fisik yang sanggup dilakukan Rottweiler sepanjang hari. Pada dasarnya anjing Rottweiler termasuk anjing yang penyayang. Mereka memunyai sifat yang sangat melindungi pemiliknya dan dingin terhadap orang yang tidak mereka kenal. Gabungan sifat ini membuat mereka dipercaya sebagai anjing penjaga.

4. Pitbull

4. Pitbull

Pitbull sebenarnya bukan nama jenis 1 ras atau trah saja tetapi juga sebutan umum untuk 4 trah anjing yaitu American Pit Bull Terrier, American Staffordshire Terrier, Staffordshire Bull Terrier & Bull Terrier. Hanya saja di Indonesia, istilah Pit Bull lebih sering dipakai untuk menyebut anjing ras American Pit Bull Terrier atau disingkat menjadi APBT. Pitbull bertubuh panjang dengan ekor pendek seperti cambuk. Telinganya kecil dan tegak. Ciri khas Pitbull adalah rahangnya yang lebar dan kuat.

Anjing ini protektif dan tak mengenal takut. Pitbull yang atletis juga sebenarnya ramah serta punya keinginan menyenangkan orang lain. Pitbull punya naluri mengejar dan menaklukkan mangsa. Pitbull dapat menahan sisi agresifnya, namun ini bergantung pada cara perawatannya sejak kecil. Kalau terlatih dengan baik, Pitbull bisa kalem terhadap manusia dan bisa menyayangi anak-anak. Namun jika tidak terlatih dengan baik, Pitbull bisa menjadi hewan buas yang mematikan.

5. Tibetan Mastiff

5. Tibetan Mastiff

Leluhur daripada anjing Tibetan Mastiff (lebih dikenal dengan sebutan Do Khyi) sangat popular dengan cerita legendaris mereka yang terkenal dengan keganasannya sebagai anjing penjaga di luar biara-biara di Tibet, sedangkan ajing jenis Tibetan Spaniels yang bertindak sebagai anjing pengawas diketinggian kompleks biara dan akan menggongong untuk memperingatkan biarawan dan apabila ada sesuatu yang mendekati kawasan kompleks. Anjing Mastiff ini juga berfungsi sebagai pelindung yang menakutkan di rumah, peternakkan dan pedesaan.

Di Amerika Utara, Tibetan Mastiff dipergunakan unutk menjadi anjing penjaga, gembala dan sebagai anjing sahabat keluarga. Dan dipercaya bahwa salah satu nenek moyang dari trah ini adalah anjing New Foundland, Great Pyrenees, Dogue de Bordeaux, Great Dane dan masih banyak anjing lainnya. Dan masih diklasifikasikan sebagai anjing trah yang langka, Tibetan Mastiff diperkirakan telah hidup 3000 tahun yang silam bersamaan dengan anjing-anjing jenis trah tua lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa anjing terganas yang ada di dunia. Untuk lebih menjaga keamanan, ada baiknya anjing jenis ini jangan dipelihara dirumah kamu ya guys!